SMP NEGERI 1 BLORA

Jl. Dr. Sutomo No.38 Blora, Jawa Tengah

The Best Junior High School in Blora

Pameran Karya Bambu dan Kayu Siswa SMPN 1 Blora Songsong Kurikulum Merdeka

Rabu, 06 April 2022 ~ Oleh administrator ~ Dilihat 516 Kali

Siswa SMPN 1 Blora saat memamerkan karyanya dalam menyambut HUT ke 76 SMPN 1 Blora dan menyongsong kurikulum merdeka.    Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pameran Karya Bambu dan Kayu Siswa SMPN 1 Blora Songsong Kurikulum Merdeka, https://jateng.tribunnews.com/2022/03/31/pameran-karya-bambu-dan-kayu-siswa-smpn-1-blora-songsong-kurikulum-merdeka. Penulis: ahmad mustakim | Editor: sujarwo

Siswa SMPN 1 Blora saat memamerkan karyanya dalam menyambut HUT ke 76 SMPN 1 Blora dan menyongsong kurikulum merdeka.

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Pameran Panen Raya Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IX SMPN 1 Blora dari bambu dan kayu dipamerkan dalam menyongsong kurikulum merdeka.

Tak hanya itu pameran juga digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun SMPN 1 Blora yang ke 76.

Kepala SMPN 1 Blora, Ainur Rofiq dalam pameran karya siswa kelas IX dalam menyambut HUT ke 76 SMPN 1 Blora dan menyongsong kurikulum merdeka. (Tribun Jateng/Ahmad Mustakim)

 

Acara digelar mulai jam 09.00-13.00 WIB. Dengan peserta dari internal sekolah saja.

Kepala SMPN 1 Blora, Ainur Rofiq mengungkapkan ini merupakan implementasi dari hasil pembelajaran.

"Siswa itu ditugaskan membuat project bahannya yang ramah lingkungan yakni, bambu dan kayu. Wajib, Nggak ada bahan plastik," ucapnya kepada tribunmuria.com, Kamis (31/3/2022).

Dikayakannya, ada 76 karya dari 10 kelas IX dan satu kelompok 4 orang.

"Tidak hanya karya tapi lengkap dengan katalognya. Kemudian ada harga dasarnya, modalnya berapa keuntunganya berapa, dijual berapa," paparnya.

Dijelaskannya, ini merupakan project 11 mata pelajaran.

"Semua kelas bisa memberikan penilaian. Temanya bebas, dalam rangka ulang tahun SMPN 1 Blora ke 76," jelasnya.

Diharapkannya, ini menyongsong kurikulum merdeka,  dimana kreatifitas anak diapresiasi luar biasa.

"Jadi punya porsi 25 persen dari pembelajaran. Dikhususkan membuat projek dan itu dipamerkan. Ini untuk mengeksplore kreatifitas anak, tidak ada lagi kreatifitas anak tidak berkembang," harapnya.

Ditambahkannya, untuk kelas VII mengisi lembar apresiasi dan mereka yang menentukan karya yang terbaik, dan disiapkan ada 10 kategori.

"Ini eranya bukan kompetisi tapi kolaborasi. Ini merupakan apresiasi kepada kakak kelasmya. Arahnya untuk penguatan profil pelajar pancasila, bernalar kritis, gotong royong," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 1 Blora, Heru Sutopo mengungkapkan menuju kurikulum merdeka anak kelas IX harus ada kegiatan seperti ini.

"Harapan saya selaku komite SMPN 1 Blora menjadi lebih baik, harusnya menjadi panutan, karena SMPN ini gudangnya ilmu," ujarnya. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pameran Karya Bambu dan Kayu Siswa SMPN 1 Blora Songsong Kurikulum Merdeka, https://jateng.tribunnews.com/2022/03/31/pameran-karya-bambu-dan-kayu-siswa-smpn-1-blora-songsong-kurikulum-merdeka.
Penulis: ahmad mustakim | Editor: sujarwo

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ainur Rofiq, S.Ag., M.Pd.

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Selamat datang di Website kami http://smpn1blora.sch.id, Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi dan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana tampilan dari website sekolah ini ?

LIHAT HASIL